Kamis, 10 Januari 2013

Manfaat Membaca Paritta

oleh: Wiryadharma


Paritta berasal dari Bahasa Pali, artinya perlindungan. Paritta diambil dari kutipan-kutipan yang terdapat di Sutta Pitaka, yang merupakan bagian dari Kitab Suci Ti Pitaka.

Dengan membaca paritta, kita telah turut serta dalam mengulang kembali sabda-sabda kebenaran dari Buddha Gautama, dan ini berarti kita telah menanam (mengkondisikan) perbuatan baik melalui: pikiran, ucapan, dan perbuatan.


ARADHANA PARITTA

Untuk menolak Malapetaka
Untuk memperoleh segala Rezeki
Untuk melenyapkan semua Derita
Sudilah Membacakan Paritta Keberkahan

Untuk menolak Malapetaka
Untuk memperoleh segala Rezeki
Untuk melenyapkan Rasa Takut
Sudilah Membacakan Paritta Keberkahan

Untuk menolak Malapetaka
Untuk memperoleh segala Rezeki
Untuk melenyapkan semua Penyakit
Sudilah Membacakan Paritta Keberkahan


Demikianlah, karena Paritta mengandung pernyataan kebenaran, maka Paritta dapat membuahkan hasil baik bagi si Pembaca, yaitu Rezeki dan Perlindungan.

Ketika membaca paritta hendaknya diawali dengan mengundang Para Dewa dan Dewi (Aradhana Devata) dari berbagai alam semesta, dilanjutkan dengan pembacaan paritta berikutnya sesuai dengan kebutuhan. Mengapa harus mengundang Para Dewa dan Dewi? Meski hidup di alam Kebahagiaan, Para Dewa dan Dewi juga membutuhkan bimbingan (ajaran) agar kebahagiaan yang diperoleh menjadi lebih bermakna.  Para Dewa dan Dewi yang datang, akan bersama-sama mendengarkan kotbah-kotbah Buddha Gautama melalui pembacaan paritta yang Anda lakukan dan pembacaan paritta diakhiri dengan penyaluran jasa-jasa kebajikan (Ettavata).

Katannu-Katavedi, tahu membalas budi pengertian ini tidak hanya dipahami oleh manusia, melainkan Para Dewa dan Dewi pun memahami hal ini. Pembacaan Paritta yang telah Anda lakukan, dan undangan yang ditunjukan kepada Para Dewa dan Dewi, membuat Para Dewa dan Dewi merasa bahagia dan melakukan ungkapan terimakasih kepada Anda dalam bentuk perlindungan. Maka itu, tepat dikatakan Paritta membawa Perlindungan dan Kebahagiaan bagi si Pembaca. 

Jadi, bacalah paritta setiap hari, bangun pagi dan sebelum tidur.